Kamis, Oktober 8

Tips Merawat Hape (2)

By Nengayu

Tips merawat baterai dan LCD.

Baterai dan LCD, meskipun jarang terjadi masalah namun bila tidak kita rawat dengan benar maka umur pemakaiannya akan menjadi lebih singkat dari seharusnya. Berikut di jelaskan cara-cara merawat baterai dan LCD.

* Merawat BATERAI, yaitu dengan:
- Kenali dulu jenis baterai yang anda gunakan, apakah NiCD, NiMH, Li-Ion atau Li-po. Beda jenis beda juga perawatannya.
- Untuk NiCD , isi ulang baterai setelah benar2 habis, karena baterai jenis ini memiliki memory efek, yang kapasitasnya menurun jika pengisian belum benar2 kosong.
- Untuk jenis NiMH, pengisiannya tidak perlu menunggu benar2 habis tapi dengan konsekuensi akan cepat habis, tapi ini hanya sementara, saat diisi kembali kemampuannya akan normal lagi, jenis ini masih memiliki memory efek tapi hanya sementara.
- Untuk jenis Li-Ion, tidak perlu menunggu baterai habis, tapi jangan melakukan charging berlebihan, segera cabut charger kalau baterai sudah benar2 penuh karena jika tidak akan menurunkan kemampuannya, jenis ini tidak lagi memiliki memori efek, tapi siklus hidup lebih pendek.
- Untuk jenis Li-po, segeralah charging baterai sebelum baterai habis jangan menunggu ponsel mati, jika tidak Hape akan sulit untuk dihdupkan karena baterai belum pulih sepenuhnya. Jenis ini memiliki sifat liquid dengan tekanan yang keras bisa menyebabkan bentuk baterai berubah seperti menggelembung.
- Secara umum semua jenis baterai jangan terlalu sering melakukan charging, karena akan memperpendek usia baterai, apalagi jenis Li-po.
- Usahakan saat melakukan charging jangan melakukan perintah pada ponsel, apalagi koneksi internet. Akan lebih baik Hape dimatikan. Karena pada waktu ini akn terjadi arus keluar masuk secara bergantian yang akan mengakibatkan rusknya molekul pada baterai.
- Jangan aktifkan ringtone dan getar sekaligus. Kurangi brightness hingga 50%.

* Merawat LCD, yaitu dengan:
- Hindari terkena sinar matahari langsung, sebab bisa mengganggu kinerja LCD.
- Jangan terlalu sering terkena guncangan, jika dibiarkan maka contact LCD mengalami kerusakan.
- Jangan tertekan / ditekan, karena kalau sampai LCD mengeluarkan cairannya dijamin gambar ga akan keluar.
- Pilih casing yang pas (untuk casing orisinil ga masalah).
- Sebaiknya jarak LCD dan casing tidak terlalu dekat.

Demikian tips semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Recent Posts

Recent comments

Pengikut

Site Info