Senin, Oktober 5

Untuk para (Calon) Blogger

Oleh: Kazuyago (Hikmawan Ali Nova)

Halo, disini saya hanya ingin curhat saja. Curhat tentang dunia blogging yang banyak orang bilang bisa menghasilkan jutaan rupiah dan menopang hidup mereka. Malah ada juga sebagian orang yang menjadi apa yang disebut Blogger Profesional.


Sebagai newbie, tentu saja dengan iming-iming seperti tadi membuat saya semangat. Bagaimana tidak, dari sesuatu yang tampaknya sepele (karena blog awalnya hanya ditujukan untuk catatan harian online) dapat menciptakan sumber uang yang bagi anak kuliahan seperti saya bernominal besar. Dalam hati menyala semangat, yang sayangnya hanya ditujukan untuk tujuan materi saja.

Sebenarnya saya hanya pernah membuat beberapa buah blog saja (yang bahkan sampai sekarang entah bagaimana nasibnya :P). Namun saya sering sekali mengamati blog-blog para master yang konon dalam sebulan berhasil menghimpun dolar dalam paling tidak tiga digits sebulan. Dan apa yang saya dapatkan? Rasa pesimistis dan keputusasaan. Hiks, apalah daya karena jangankan untuk mendekati tampilan blog para master, untuk rutin menghasilkan artikel paling tidak sehari sekali pun sangat sulit dilakukan. Apalagi dengan kehidupan di real yang tidak bisa ditinggalkan.

Yah, tapi dibalik pesimisme tadi, tetap ada yang dapat diambil pelajaran yang sangat berharga. Yakni bernama profesionalisme. Kenapa? Karena profeionalisme mutlak dilakukan agar blog yang kita hasilkan bukan menjadi sesuatu yang asal-asalan dan tidak menarik untuk dilihat. Karena bagaimana blog kita dilirik, lha wong kita sendiri saja tidak bisa mengurusnya. Mungkin sama ibaratnya dengan toko. Bila kita tidak mampu menjaga kualitas, kebersihan, service (aspek ekonomis maupun ergonomis) bagaimana bisa toko itu bisa laris. Atau malah dilirikpun tidak. Jadi, saya rasa yang harus diperhatikan dalam kita mulai ngeblog adalah: niat dan kerja keras. Sama saja, antara dunia real dan maya perlu itu. Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk rekan-rekan sekalian. Sekian, cheers :)

Recent Posts

Recent comments

Pengikut

Site Info