Minggu, Oktober 18

Step by Step, Ngeblog Lewat Hape

Oleh: Kazuyago (Hikmawan Ali Nova)

Ehm, maaf baru bisa posting lagi ya hehe Kali ini aku coba pengen sharing tentang membuat blog lewat hape. Khusus buat tulisan ini, kita gunakan fasilitas dari Blogspot.com. Oke deh, langsung aja.

Pertama, sebelum membuat blog, kita harus punya dulu alesan "Kenapa sih harus blogspot?". Nih dia sebagian alesannya:

- Udah dipake dimana-mana hehe.
- Tinggal klik-klik doang langsung jadi blog dan langsung bisa diisi.
- Peluang untuk di monetizing lebih gampang (baik melalui adsense ataupun metode bisnis online lain).
- Fleksibel (blog bisa diotak-atik sehingga bisa menyerupai sebuah web profesional).
- Mudah dilakukan lewat hape! (Dengan syarat dan ketentuan yang berlaku hehe).
- Bahasa pengantar sudah bahasa Indonesia.

Cukup enam alesan aja deh. Nah sebelum mulai, sebaiknya memperhatikan syarat-syaratnya dulu yaa:

- Niat..Hehe
- Hape harus mendukung format Xhtml.
- Sebaiknya anda mempunyai aplikasi Opera Mini 4.2 (baik Java atau Symbian) dan Opera Modifikasi (atau Opmod). Coz Opmin 4.2 digunakan untuk melihat blog secara full site, dan Opmod digunakan untuk mempermudah blogging (yang sebagian fitur powerfulnya ga dimiliki Opmin).
- Waktu luang, buat ngisi blog minimal dua hari sekali (biar tetep up to date gitu).
- Pulsa yang cukup.
- Jangan males dan takut untuk trial and error (tiap master blog dulunya kan kaya kita hehe).
- Aktifkan gambar di browser anda (jangan di hide. Kalo udah sukses bikin blognya, silahkan di hide lagi biar ga boros pulsa).

Insya Allah deh syaratnya ga ngeberatin. Lanjut, kita mulai step-stepnya:

1. Buat akun email di Gmail (yang ini ga usah dikasih tau caranya udah pada ngerti kali yee?). Kenapa harus Gmail? Sederhana, karena Gmail, seperti juga Blogspot, merupakan produk dari Google sehingga masalah kompatibilitas bisa kita dapatkan.

2. Langsung tancap ke Blogspot. Begitu masuk, kita disuguhin form buat ngisi account name (diisi dengan alamat Gmail kita) dan password (password Gmail kita tentunya). Lalu klik tombol Masuk. Sukses deh masuk ke halaman awal Blogspot. Lho kok masih nggak ada apa-apanya? Lanjut ke nomor tiga ya.
Note: ingat, saat membuat dan memasukkan password selalu gunakan HURUF KECIL SEMUA ya, coz saat kita ngetik di Hape biasanya otomatis huruf pertama pasti kapital. Beda dengan melalui PC.

3. Halaman awal Blogspot (atau biasa disebut Dashboard) adalah tempat segalanya bermula (halah). Nah, silahkan klik menu "Buat Blog" untuk segera membuat blog baru anda. Isi formnya sebagai berikut:
- Judul blog: Beri judul blog ini (bukan alamat blognya lho, tapi judul). Misal: "Blognya Si Anu, Keep Spirit With Blog!"
- Alamat blog (URL): Isi dengan alamat yang anda inginkan. Misal pengen alamatnya "blahblahblah.blogspot.com" cukup diisi "blahblahblah". Jangan lupa klik "Cek Ketersediaan", siapa tau alamat yang anda inginkan sudah ada yang punya.
- Masukkan verifikasi katanya (berupa rangkaian huruf-huruf). Kalo ngga keliatan, jangan lupa images ga di hidden. Dan image quality yang medium aja.
- Klik Lanjutkan!! (Ups, bukan kampanye nih hehe).

4. Pilih template (tampilan) blog anda. Klik radio button pada template pilihan anda. Lanjutkan lagi.

5. Dan MULAI BLOGGING! Yahoooo...

6. Begitu klik Mulai Blogging, langsung disuguhkan menu untuk membuat posting (artikel). Silahkan beri judul posting dan isinya. Untuk Label, isilah dengan kata-kata yang berkaitan dengan postingan anda. Misalkan isi posting anda berjudul "Nikmatnya Blogging Lewat Hape", maka Label sebaiknya diisi dengan Blog, Internet, Hape. Atau Blog saja sudah cukup.


Nah, ternyata mudah kan? Ayo deh, mulai sekarang kita blogging sama-sama. Bagikan ilmu kita, karena ilmu ga seperti harta yang mudah hilang. Ilmu akan semakin bermanfaat bila kita membaginya :). Oh iya, untuk lebih dalam mengenai fitur dan fungsi dari Blogspot dibahas dalam artikel lain. Okeh??

CheerS!

Tidak ada komentar:

Recent Posts

Recent comments

Pengikut

Site Info